Langsung ke konten utama

Channa Andrao, predator mungil yang indah

channa andrao - pict by ruinemans.com
Membahas channa pasti akan terbayang ikan predator mirip dengan ular (snakehead), yang suka menyerang ikan lain jika digabungkan, perilaku itu tidak terlalu pas disematkan kepada channa jenis ini, selain karena ukurannya yang tidak besar, andrao juga memiliki corak kombinasi warna yang lebih cocok disebut sebagai ikan hias.namun tetap secara garis keluarga tetaplah lebih banyak sifat predatornya.

Kali ini kita coba kupas sedikit tentang channa andrao, yang menurut beberapa sumber adalah jenis atau varietas baru dwarf snakehead (channa gachua), endemik aslinya adalah dari kawasan rawa-rawa lefraguri, bagian barat Bengal, india. Nama andrao sendiri diambil dari nama seorang peneliti ikan air tawar bernama Andrew rao.

Ukuran jenis ini termasuk yang terkecil diantara jenis-jenis channa lainnya, untuk ukuran dewasa dalam habitat buatan maksimal berukuran 10-12cm, sedangkan di habitat alamnya ada yang menyebutkan bahwa andrao dapat mencapai ukuran 15cm.


Habitat channa Andrao


Membahas channa untuk dijadikan peliharaan pastinya harus membahas juga habitat asli dimana channa berasal, untuk jenis adrao dijelaskan dibeberapa sumber bahwa daerah asalnya di barobisha adalah dataran subtropics yang terletak diantara anak sungai Brahmaputra dimana perubahan debit air dan pendukungnya sering terjadi dan memiliki rentang cukup jauh. Didaerah tersebut suhu air terbilang cukup dingin untuk ukuran kita (tropis) saat musim dingin tiba berkisar di 8-15 derajat celcius, namun cukup panas disaat musim panas (antara 38 sampai 44 derajat celcius).dan Parameter PH air idealnya nya bekisar diangka 6.4 – 8.

Dari keterangan diatas dapat ditarik kesimpulan, seharusnya tidaklah sulit untuk membuat lingkungan buatan menyerupai habitat aslinya, setidaknya dapat diterapkan seperti kondisi rawa-rawa di daerah kita yang punya iklim tropis dengan tambahan seperti potongan kayu yang terendam ataupun pepohonan air sebagai tempat channa andrao bersembunyi.


Pemberian Pakan


Sebagai predator kecil, tetap basicnya adalah predator, makanan paling umumnya adalah jenis pakan hidup seperti ikan yang lebih kecil,udang kecil atau serangga air. Namun banyak teman-teman penghobi channa bilang bahwa channa dapat diadaptasikan untuk memakan pakan mati (seperti udang mati, cacing beku dan sejenisnya) atau bahkan pakan buatan seperti pelet ikan.


Perilaku dalam commtank (kolam bersama)


Channa andrao bukanlah jenis ikan yang aktif, saat tidak mencari makanan mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk besandar didasar atau agak melayang ditengah air sambil bersiap jika ada mangsa atau makanan yang mungkin lewat dekatnya.

Secara umum sebaik-baiknya memelihara ikan jenis predator adalah tidak digabungkan besama jenis ikan lain, meskipun andrao termasuk predator yang masih dapat mentolerir kebersamaan dengan ikan lain dan tidak bersifat menguasai wilayah (territorial).

Khusus untuk channa andrao yang belum dewasa, sifat alaminya tidak terlihat agresif dan akan berkelompok sesama jenisnya, namun akan menunjukkan individualism dan keagesifannya kala mereka sudah mulai memasuki masa kawin dan biasanya yang betina akan lebih agresif daripada yang jantan,beberapa catatan menunjukkan saat andrao mulai menemukan pasangan mereka cenderung lebih damai dengan penduduk (ikan) lain, namun akan sangat agresif kepada yang sejenisnya.


Membedakan Jenis kelamin andrao


Secara umum membedakan kelamin jantan dan betina akan lebih mudah jika andrao sudah cukup dewasa, untuk jantan biasanya memiliki dorsal atau sirip punggung sedikit lebih panjang dan lebih tinggi , juga pada sirip bawah atau sirip duburnya dan kepala jantan akan terlihat lebih melebar daripada betina (jika dilihat dari atas).

Sedangkan untuk betina biasanya memiliki tubuh yang lebih besar (khususnya daerah perutnya terlihat lebih gemuk) dan komposisi warna merah pada badannya lebih banyak daripada jantan, serta jika dilihat dari atas maka luasan kepala betina lebih kecil daripada pejantan.


Cara budidaya channa andrao


Andrao adalah termasuk jenis channa yang mengerami telurnya didalam mulutnya (mouthbrooder), dan sudah banyak artikel membahas tentang proses pemijahannya. Penulis mencoba merangkum dari beberapa sumber mulai dari proses perjodohan sampai perawatan rayakan.

Budidaya dapat dimulai dengan menyiapkan beberapa ekor calon indukan (usahakan sudah siap pijah) yang digabungkan dalam satu wadah dengan komposisi jantan-betina 1:1 atau 1:2, diasumsikan ada 6-8 ekor ikan dalam satu wadah tersebut dengan harapan masing-masing channa akan mencari pasangannya.jika sudah ada yang berpasangan biasanya akan beriringan selalu idealnya ikan lain
yang tidak berpasangan diangkat atau dipindah ke wadah lain.

Andrao yang sudah jodoh jika ada kesempatan akan terlihat saling membelit seperti proses kawinnya ikan lele, tak lama setelah itu biasanya sibetina akan mengeluarkan telur-telurnya dan secara alami pejantan akan memgumpulkan telur yang berserakan tadi didalam mulutnya dan cenderung akan bersembunyi untuk mengerami telurnya sampai menetas.

Pada masa mengerami telur biasanya pejantan akan berpuasa (tidak mau makan) dan akan agresif jika ada ikan lain mendekat walaupun itu adalah pasangan betinanya. Setelah beberapa hari (antara 3 sampai 5 hari) biasanya telur sudah menetas dan anak andrao masih mendiami mulut jantan, pada masa-masa ini jantan masih sangat bersifat proteksionis, sampai anakan sudah bisa makan sendiri. Setelahnya betina akan menyediakan telur yang tidak dibuahi sebagai pakan untuk anakannya, jika anakan sudah mulai lancer berenang dan makan sang induk jantan dan betina akan mengasuh anaknya sampai dirasa cukup dan akan kembali reproduksi lagi.

Komentar

  1. Punya saya kok yg jantan cuman diem mojok sendiri ya min

    Jauh sama betinnya malah betinanya yg agak agresif

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika masa gonad seperti itu om, pada umumnya jantan lebih agresif dan potensi keberhasilan pijah lebih tinggi, tapi tidak menutup kemungkinan betina bisa lebih agresif

      Hapus
  2. 1 kali bertelur itu biasanya sampai berapa telur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. variatif om, antara 100 sampai 300 butir telur, beberapa ada yang bisa lebih banyak

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Ikan gabus air tawar (channa – snakehead fish)

Jenis-jenis channa, pict by monsterfishkeeper.com Belakangan ini nama ikan channa adalah salah satu primadona baru bagi para penghobi ikan predator, selain karena sifat predatornya, channa memiliki banyak corak yang cukup indah untuk pilihan pengisi akuarium. Channa masuk dalam klan atau marga channidae atau lebih dikenal dengan snakehead fish (ikan kepala ular) karena secara fisik bagian kepala ikan ini sangat mirip dengan kepala ular, dengan ciri khas lainnya adalah sirip punggung atau dorsal yang memanjang dari bagian kepala sampai ke pangkal ekor,ukuran mulut yang besar dan gigi yang tajam dan banyak. Habitat asli dari channa adalah diperairan air tawar dikawasan asia dan afrika dengan iklim subtropics dan tropis, sebaran habitat aslinya di asia pada umumnya mulai dari iran bagian tenggara dan timur afganistan, india, Nepal tenggara sampai tiongkok dan sebagian rusia, Bangladesh, Myanmar,Vietnam, Thailand, laos, Malaysia ,Indonesia. dibagian afrika mulai dari bagian barat sun

Cacing Darah (Bloodworm)-cabek vs Cacing Sutera

Cacing Darah (Bloodworm)-cabek vs Cacing Sutera Bicara soal ikan hias, pasti bicara juga soal perawatan dan pastinya akan berujung pula pada jenis makanan ikan hias yang tepat agar si ikan hias kita yang cantik tetap sehat, bugar dan tidak menjadi beban pikiran, karena ikan yang kurang sehat seringkali mampu menyeret empunya menjadi ikutan uring-uringan, gak nafsu makan (*ini agak lebay), tapi bagi para hobiis yang memang sudah sangat sayang kepada ikan peliharaannya pasti sedikit banyak akan mengalami masa-masa seperti itu, Ikan lambat berkembang, ikan badannya kurus, ikan tidak mau makan dan sebagainya. Selain faktor lingkungan seperti kualitas air dan suhu yang mempengaruhi tempat memelihara ikan, faktor pakan yang diberikan juga berperan besar menjadi penyebab ikan hias menjadi seperti diatas (lambar berkembang, kurus dan sebagainya). Kali ini pojokkolam mencoba sedikit membahas dua macam pakan ikan hias alam atau pakan hidup yang banyak dijual dan digunakan para pecinta ikan