Langsung ke konten utama

Ikan Pari air tawar (Freshwater Stingray)

Ikan Pari air tawar (Freshwater Stingray)

Berawal dari pelanggan yang datang ke kios siang ini, beliau termasuk penghobi ikan hias yang bukan lagi seorang pemula, saat ini dia sedang memelihara ikan pari air tawar jenis motoro, pojokkolam yang merasa belum berpengalaman mencoba mencari tau lebih tentang Ikan pari atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Potamotrygonidae berasal dari dareah selatan benua amerika dengan sebaran yang cukup luas namun terbanyak ada di sungai-sungai tropis daerah amazon.

Didaerah lain di asia tenggara, afrika dan Australia juga ditemukan ikan pari sungai juga, namun beberapa sumber menyebutkan bahwa berbeda keluarga dengan yang berasal dari selatan amerika atau amazon, masuk dalam keluarga Dasyatidae atau pari dengan sengat (berasal dari bahasa yunani ‘dasys’ yang berarti Rambut, mungkin tampilan fisiknya seperti rambut he..he..

Habitat alami dan sebaran Ikan Pari


Pada habitat alaminya di daerah sungai tropis dan subtropis amerika selatan mulai dari karibia sampai argentina, dengan beberapa jenis yang tersebar luas namun paling banyak ditemukan di sungai-sungai amazon. Bahkan mengutip Wikipedia, ada 8 sampai 10 jenis pari sungai yang ditemukan didaerah khususnya cekungan rio Negro, Tapajos dan Tocantins yang masuk negara brazil.

Habitatnya sangat bervariasi dari sungai dengan air berwana agak hitam, keruh sampai dengan sungai yang jernih, dari dasar sungai yang berpasir sampai dengan sungai yang dasarnya berbatu, sebagian memang murni air tawar namun ada juga yang hidup di sungai payau (muara sungai).

Di asia tenggara sendiri, khususnya di sungai Mekong, sering ditemui pari sungai dengan ukuran diameter mencapai 2 meter, dokumentasinya banyak bertebaran di internet, namun untuk yang berasal dari sungai Mekong diklasifikaiskan masuk dalam keluarga Dasyatidae.

Karakteristik dan perilaku Pari air tawar

Pari air tawar hampir semuanya berbentuk bulat dengan ukuran maksimal dapat mencapai 2 meter pada jenis-jenis tertentu, namun ada juga yang ukuran maksimalnya hanya mencapai diameter 31cm (0.31m). di amazon untuk jenis terberat yang pernah tercatat adalah jenis pari ekor pendek, beratnya dapat mencapai 220kg, yang mana untuk lingkungan amazon hanya dapat ditandingi oleh berat dari ikan arowana amazon atau arapaima, sisi atas pari biasanya tedapat sisik yang lebih mirip gigi, dengan warna dasar coklat atau kehitaman dengan corak bercak atau totol-totol.

Pari tawar termasuk jenis karnivora atau predator air mencari makan dengan menjelajah mencari cacing, plangton atau ikan kecil, beberapa jenis justru suka memakan keong kecil dan kepiting atau sejenis udang, pari dengan ukuran terbesar dapat dikategorikan masuk dalam daftar atas predator sejajar dengan hiu.

Cara berkembang biak pari

Binatang air ini berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak atau dalam bahasa biologinya adalah ovovivipar, dalam tiap kali proses persalinan dapat menghasilkan 1 sampai 3 ekor, ada beberapa catatan yang menyebutkan pari juga dapat menghasilkan 8 bahkan ada juga catatan idealnya 20 ekor anak setiap kali memijah.

Melihat ukurannya, untuk berternak pari membutuhkan ruang lebih besar dari ikan lainnya, untuk jenis yang paling popular diindonesia (jenis pari montoro), ukuran induk yang produktif mencapai diameter 40cm, dengan umur biasanya sudah 2 tahun. idealnya dengan ukuran tersebut baiknya kita siapkan ukuran kolam atau akuarium yang memadai sekitar 3 x 1.5 meter untuk jumlah induk 2 sampai 5 ekor, dicampurkan jantan dan betina dengan proporsi 1 jantan 3 betina.

Jika parameter dan kualitas air dijaga dengan baik, dan pemberian pakan dengan nutrisi yang sesuai maka tinggal menunggi indukan menghasilkan keturunannya, dengan siklus 2 sampai 3 bulan tergantung keadaan air dan kondisi induknya.

Cara membedakan jantan dan betina, untuk yang jantan memiliki kelamin diantara pangkal ekor jumlahnya 2 atau sepasang alat kelamin, jantan dapat dikatakan sudah mencapai usia kawin atau dewasa jika alat kelaminnya sudah panjang melebihi sirip perutnya. sebaliknya, untuk betina tidak memiliki alat kelamin menonjol seperti jantan, namun kelaminnya berbentuk lubang dan dapat terlihat jelas.

Jenis-Jenis yang banyak beredar dipasaran

Pari tawar belum terlalu mainstream dikalangan para penghobi akuarium, namun tetap memiliki penggermar sendiri, dari banyak jenis pari air tawar, berikut pojokkolam coba sajikan data yang banyak beredar dan cukup popular dari berbagai sumber :
  1. Jenis Pari Pure Black Diamond (Xingu Stingray)
    Biasa disebut juga dengan Xingu stingray, dengan ciri warna dasar hitam dan motif atau corak totol-totol putih, mirip motif anjing dalmation tapi dengan warna dasar hitam solid, pari jenis ini sangat popular dan memiliki nilai jual tinggi, asal jenis ini adalah dari sungai xingu di brazil.
  2. Jenis Flower (motif bunga)
    Lebih mirip batik pekalongan, warna dasarnya hitam dengan corak seperti batik berwarna coklat, menjadikan kombinasi tersbut sangat mirip dengan batik pekalongan namun coraknya seperti bunga.
  3. Pari Leopard
    Sesuai dengan namanya, leopard sudah dapat dibayangkan jenis ini punya corak mirip kucing besar dari afrika (leopard), dengan warna dasarnya coklat, dihiasi taburan lingkaran di smua area atas pari berwarna coklat lebih mudah dan ada ring hitam pada tiap lingkarannya. 
  4. Motoro (Potamotrygon Motoro
    Yang paling popular di Indonesia, asalnya dari amerika selatan dengan sebaran atau banyak ditemukan di Colombia, Bolivia, peru, Paraguay, Uruguay, argentina dan brazil. Warna dasarnya coklat dengan motif lingkaran polkadot bedwarna coklat dengan ring coklat tua dilapisi ring coklat yang lebih muda ditiap lingkarannya.
  5. Pari Tiger (tiger stingray)
    Berasal dari daerah Venezuela, corak warna pari jenis ini menyerupai motif harimau dengan hiasan lingkaran ditengah tiap corah garis-garis coklatnya
  6. Parnaiba
    Parnaiba adalah nama daerah di brazil, corak jenis ini mirip jenis motoro, namun ring pada tiap motif lingkarannya hanya satu, dengan lingkaran berwarn terang dan ringnya berwarna coklat cenderung hitam.
Demikian uraian singkat tentang pari sungai (air tawar) yang di kombinasikan dari beberapa sumber, sebetulnya masih banyak jenis dari pari airtawar, sengaja agar tidak mumet membacanya hanya yang populer dan memang banyak beredar diindonesia yang ditampilkan, smoga sedikit membantu kawan-kawan pembaca yang memang sedang membutuhkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Ikan gabus air tawar (channa – snakehead fish)

Jenis-jenis channa, pict by monsterfishkeeper.com Belakangan ini nama ikan channa adalah salah satu primadona baru bagi para penghobi ikan predator, selain karena sifat predatornya, channa memiliki banyak corak yang cukup indah untuk pilihan pengisi akuarium. Channa masuk dalam klan atau marga channidae atau lebih dikenal dengan snakehead fish (ikan kepala ular) karena secara fisik bagian kepala ikan ini sangat mirip dengan kepala ular, dengan ciri khas lainnya adalah sirip punggung atau dorsal yang memanjang dari bagian kepala sampai ke pangkal ekor,ukuran mulut yang besar dan gigi yang tajam dan banyak. Habitat asli dari channa adalah diperairan air tawar dikawasan asia dan afrika dengan iklim subtropics dan tropis, sebaran habitat aslinya di asia pada umumnya mulai dari iran bagian tenggara dan timur afganistan, india, Nepal tenggara sampai tiongkok dan sebagian rusia, Bangladesh, Myanmar,Vietnam, Thailand, laos, Malaysia ,Indonesia. dibagian afrika mulai dari bagian barat sun

Cacing Darah (Bloodworm)-cabek vs Cacing Sutera

Cacing Darah (Bloodworm)-cabek vs Cacing Sutera Bicara soal ikan hias, pasti bicara juga soal perawatan dan pastinya akan berujung pula pada jenis makanan ikan hias yang tepat agar si ikan hias kita yang cantik tetap sehat, bugar dan tidak menjadi beban pikiran, karena ikan yang kurang sehat seringkali mampu menyeret empunya menjadi ikutan uring-uringan, gak nafsu makan (*ini agak lebay), tapi bagi para hobiis yang memang sudah sangat sayang kepada ikan peliharaannya pasti sedikit banyak akan mengalami masa-masa seperti itu, Ikan lambat berkembang, ikan badannya kurus, ikan tidak mau makan dan sebagainya. Selain faktor lingkungan seperti kualitas air dan suhu yang mempengaruhi tempat memelihara ikan, faktor pakan yang diberikan juga berperan besar menjadi penyebab ikan hias menjadi seperti diatas (lambar berkembang, kurus dan sebagainya). Kali ini pojokkolam mencoba sedikit membahas dua macam pakan ikan hias alam atau pakan hidup yang banyak dijual dan digunakan para pecinta ikan

Channa Andrao, predator mungil yang indah

channa andrao - pict by ruinemans.com Membahas channa pasti akan terbayang ikan predator mirip dengan ular (snakehead), yang suka menyerang ikan lain jika digabungkan, perilaku itu tidak terlalu pas disematkan kepada channa jenis ini, selain karena ukurannya yang tidak besar, andrao juga memiliki corak kombinasi warna yang lebih cocok disebut sebagai ikan hias.namun tetap secara garis keluarga tetaplah lebih banyak sifat predatornya. Kali ini kita coba kupas sedikit tentang channa andrao, yang menurut beberapa sumber adalah jenis atau varietas baru dwarf snakehead (channa gachua), endemik aslinya adalah dari kawasan rawa-rawa lefraguri, bagian barat Bengal, india. Nama andrao sendiri diambil dari nama seorang peneliti ikan air tawar bernama Andrew rao. Ukuran jenis ini termasuk yang terkecil diantara jenis-jenis channa lainnya, untuk ukuran dewasa dalam habitat buatan maksimal berukuran 10-12cm, sedangkan di habitat alamnya ada yang menyebutkan bahwa andrao dapat mencapai ukuran 15